Posted by: mountnebo | February 3, 2009

Biaya Pembangunan Kebun Kelapa Sawit

Krisis ekonomi yang melanda dunia usaha sekarang ini juga berimbas langsung ke usaha agribisnis / agroindustri khususnya perkebunan kelapa sawit dan pengolahan CPO.

Biaya pembangunan kebun kelapa sawit mengalami lonjakan kira – kira 30 – 35 juta per ha mulai dari pembukaan lahan sampai dengan pemeliharaan tanaman tahun ke 3 (  sumber Disbun).

Diharapkan dengan turunnya harga pupuk yang merupakan 60 % dari biaya perawatan tanaman, biaya pembangunan kebun bisa turun ke 30 jutaan per ha.

Perhitungan di atas berlaku untuk lahan mineral dimana areal tersebut semakin berkurang dan orang sudah berekspansi ke lahan gambut yang biaya oporasionalnya lebih tinggi. Dan akan ada biaya ekstra untuk pembangunan jaringan drainase yang mutlak dilaksanakan untuk mengatur air tanah dan keasaman tanah.

Kalimantan yang menjadi ajang untuk pengembangan perkebunan sawit besar – besaran adalah areal yang mayoritas terdiri dari lahan gambut dan masih ada sedikit lahan mineral yang cenderung berbukit. Lahan berbukit juga membutuhkan biaya ekstra untuk pembukaan lahan karena areal bukit tersebut harus diteras untuk jalur tanaman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: